Liburan Yang Berbeda

Liburan yang Berbeda

Liburan kenaikan kelas tahun ini menurutku sedikit berbeda dari liburanku biasanya. Selagi teman-teman ku pergi berlibur bersama dengan keluarganya, aku setiap hari harus bangun pagi, shalat shubuh, kemudian persiapan pergi ke sekolah. Liburanku rasanya seperti di pending. Tetapi dengan adanya liburan seperti ini setidaknya bisa menambah pengalaman.

Semua bermula dengan adanya tawaran untuk mengikuti kegiatan Cultural Summer Program di Paris dan festival di Prague. Aku pun mencoba untuk mengajukan diri dan meminta restu kepada orang tua, Alhamdullilah di perbolehkan. Kegiatan Cultural Summer Program ini bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia sampai mancanegara. Bisa dibilang ini juga termasuk dalam katergori kegiatan Misi Budaya. Sekedar info aku memang mempunyai kesenangan dalam kegiatan seni salah satunya seni tari.

Selama 3 bulan aku dan teman-teman yang lain dilatih untuk persiapan tarian yang akan kita tampilkan di Paris. Liburan sekolah kami isi dengan berlatih setiap harinya. Berlatih koreografi, rekaman suara, jika ada ralat kami akan mencobanya berulang-ulang. Pernah sekali kami berlatih hingga jam 21.00 malam, rasanya badan serta kaki sudah pegal dan lelah tapi kami tahu bahwa rasa pegal dan lelah itulah yang akan membawa kami menuju kesuksesan.

Waktu keberangkatan pun tiba, tepatnya pada tanggal 15 Juli (bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah). Penerbangan ditempuh selama 15 jam dengan transit di Doha kemudian melanjutkan perjalanan menuju Paris. Sesampainya di Paris kami langsung menaiki bus untuk melihat Kota Paris yang lebih tepatnya city tour. Aku masih ingat tour guide kita berasal dari Turki tapi aku lupa namanya (hehe). Kami pergi menyusuri Kota Paris dan melihat beberapa spot yang menjadi ikon dari Paris yaitu Arc de Triomphe, The Eiffel Tower, Musuem Louvre, The Grand Palais, dll. Dengan adanya city tour ini aku jadi lebih mengenal sejarah Prancis dan bisa meilhat kehidupan warga Paris.

Hari kedua kami di Paris adalah Hari yang sangat di tunggu-tunggu, karena itu adalah hari penentuan semua kerja keras kita akan terbayarkan atau tidak. Saat kami sampai di tempat kompetisi, kami langsung disugguhkan dengan pemandangan kontestan dari negara lain yang sedang bersiap-siap menampilkan bakat mereka di depan juri. Tidak hanya kompetisi tari tetapi terdapat pula vokal dan musik. Kami datang dengan sudah menggunakan kostum tari dan make up. Sekedar informasi kami membawakan tarian dari DKI Jakarta yaitu Tari ondel-ondel.

Di saat kami sedang bersiap-siap dari ruang tunggu, banyak sekali kontestan yang ingin berfoto dengan kami. Tentu saja aku lengsung bersemangat untuk berfoto bersama. Mereka bilang kostum kami bagus sekali dan sangatlah colourful (warna-warni). Tiba saatnya giliran kita, jujur jantungku berdegup kencang saat nomor urut kami dipanggil tapi untung saja berjalan lancar. Setelah menunggu lama, kami mendapat informasi bahwa kami masuk dalam 11 besar penampil

terbaik dari 51 grup. Tapi para 11 terbaik ini harus menampilkan kembali penampilan. Namun disaat kami diminta untuk tampil lagi, kita semua sudah terlanjur menghapuskan make up dan menggantikan kostum dengan jaket dari sekolah.

Kami semua pun mencoba improvisasi. Menurutku improvisasi kami cukup menarik karena kami hanya menggunakan gendang untuk musik dan menampilkan beberapa gerakan silat juga menunjukkan beberapa budaya kesenian betawi yaitu lenong. Setelah gala concert 11 penampilan terbaik akhirnya pengunguman pemenang tiba. Alhamdullilah tim kami mendapat Juara 1 dalam Kategori umur Junior High School, Koreografi, dan Musik.

Selain berkompetisi di Paris, kami juga menunjukkan tarian kami di Festival Prague depan publik. Tentu saja itu adalah salah satu pengalaman yang juga tidak akan terlupakan. Saat pulang kembali ke Indonesia, aku menyadari bahwa liburan kali ini sangatlah bermanfaat. Aku mendapat banyak pelajaran mengenai kemandirian, kerja sama tim, tolong-menolong, tidak egois, dan lain-lain. Ini adalah salah satu liburan yang tak akan aku pernah lupakan dan akan ku kenang selalu.