CARA PRAKTIS MENULIS BUKU


CARA PRAKTIS MENULIS BUKU
                Hingga hari ini profesi menulis merupakan salah satu profesi yang produktif serta sangat dihormati oleh orang-orang. Selain itu, menulis merupakan salah satu indikator intelektual seseorang. Menulis sebenarnya dapat memberikan dampak secara ekonomis pada diri kita. Sesungguhnya banyak diantara kita ingin menjadi seorang penulis. Tetapi banyak sekian persen masyarakat jarang memiliki keinginan untuk menulis. Sesungguhnya menulis sudah mulai dipandang oleh banyak orang seperti para pakar contohnya Raditya Dika. Ia adalah seorang komika dan penulis buku komedi salah satu novelnya  adalah Koala Kumal.
            Tentu sebenarnya menulis sangatlah penulis, namun banyak diantara kita yang masih tidak memiliki dorongan untuk menulis. Kerap kali kita selalu merasa bahwa banyak terdapat kendala yang menghambat diri kita menulis antara lain adalah :
1.      Merasa tidak memiliki bakat
2.      Merasa tidak memiliki ide
3.      Tidak mempunyai minat untuk menulis
4.      Tidak memilki waktu
5.      Tidak berani menerima kritik
Lalu bagaimana cara kita mulai menulis? Cara kita memulai adalah dengan mengetahui tujuan kita menulis. Pertanyaan ‘Why’ adalah suatu pertanyaan yang dapat membantu kita menambah tujuan serta alasan kita menulis. Alasan kita menulis adalah mendapat royalti uang dan memberikan dampak ekonomis. Contohnya adalah Andrea Hirata, Tere Liye, J.K. Rowling, dan lain-lain. Selain itu pula mendapat eksistensi dan popularitas. Alasan kita menulis pula orientasi personal (pengalaman pribadi). Adanya orientasi personal, ada pula alasan kita menulis yaitu orientasi sosial. Tidak hanya secara sosial tapi juga terdapat pula alasan secara orientasi spritual. Dalam tulis-menulis jika kita mendapat motivasi dengan keinginan mendapat eksisitensi, itu merupakan hal yang sah-sah saja.
Sebenarnya berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk menulis dari nol? Ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang penulis yang baik yaitu:
1.      Read (Baca)
2.      Discuss (Diskusi)
3.      Look and Feel (Lihat dan rasakan)
4.      Socialize (Sosialis)
5.      Writing Preparation (Persiapan Menulis) :
a.      Menggali dan menemukan gagasan/ide
b.      Menentukan tujuan, genre dan segmen pembaca
c.       Menentukan Topik
d.      Membuat Outline
e.      Mengumpulkan bahan materi/buku


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Liburan Tahun Baru 2018

Liburan Sekolahku

Resensi Website Bebras